Minggu, 10 Agustus 2014

Business Model Canvas (BMC)


Business Model Canvas (BMC) merupaka potret usaha yang dibuat pada satu kanvas yang diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder. Model ini merupakan salah satu model yang efektif untuk menjalankan roda usaha. BMC sendiri terdiri dari sembilan kotak, yaitu :

  1. customer segments
  2. value proposition
  3. channel
  4. customer relationships
  5. revenue
  6. key resources
  7. key activites
  8. key partnes
  9. cost.
BMC akan memudahkan kita untuk menentukan strategi usaha kita mulai dari terget customer yang akan kita bidik sampai kepada jaringan yang kita miliki untuk terus menjalankan usaha. Dengan BMC kita bisa tetap menjaga hubungan baik dengan customer untuk menjaga kepercayaan pelanggan dengan nilai nilai yagn ditawarkan pada value propositions. sumber daya, aktifitas dan parner kunci kita bisa identifikasi melalui model ini. Model BMC juga akan memberikan gambaran utuh mengenai biaya yang yang dibuthkan ushsa dan pendapatan yang kita dapat melalui usaha kita.

BMC tidak hanya digunakan untuk mengevaluasi bisnis yang sudah berjalan tetapi juga digunakan untuk merencang bisnis yang hendak kita mulai. BMC secara efektif bisa menjelaskan kepada enterperneur mudah untuk merancang bisnisnya. 
Selamat Berwirausaha .. by GWcom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar