Rabu, 13 Agustus 2014

BMC - Customer Relationships

images by JAM
(Materi Mas Dondi-MBM Challenge || file : workshop bmgen MBM.pdf)

Customer relationships (CR) merupakan bagaimana seorang pengusaha menjalin hubungan dengan pelanggan. Customer relationships merupakan bagian penting untuk mempertahankan pelanggan dengan tetap memperhatikan nilai yang ditawarkan kepada pelanggan yang ada di value propositions. Untuk memudahkan dalam menentukan CR cermati pertanyaan berikut:

  1. Hubungan seperti apa yang kita miliki dengan pelanggan?
  2. apa ekspektasi pelanggan?
  3. beberapa hubungan yang sering ada:
  • self-service
  •  otomasi (mesin)
  •  bantuan personal
  •  komunitas
Sebagai contoh customer relationships untuk usaha SI Travel tour adalah 
  1. bantuan personal 
  2. komunitas (fan page facebook https://www.facebook.com/GerakanWirausahacom )
selamat berwirausaha... by GWcom

Baca juga artikel sebelumnya 
http://gerakanwirausaha.blogspot.com/2014/08/business-model-canvas.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar